Gen-z.biz.id – 7 Kesalahan Fatal yang Bikin Gagal Seleksi Administrasi CPNS 2024 – Tahapan pertama dalam proses rekrutmen CPNS 2024 adalah seleksi administrasi. Pada tahap ini, para calon pelamar harus memahami dengan baik semua persyaratan dan ketentuan yang berlaku. Jika mereka mengabaikan hal ini, kemungkinan besar mereka tidak akan lolos dalam seleksi administrasi CPNS 2024. Oleh karena itu, Tim kami akan menjelaskan 7 faktor penyebab kegagalan dalam seleksi administrasi CPNS.
7 Kesalahan Fatal yang Bikin Gagal Seleksi Administrasi CPNS 2024
Berdasarkan informasi yang diposting di akun Instagram @cpnsindonesia pada Kamis, 16 Mei 2024, berikut adalah 7 faktor penyebab kegagalan dalam seleksi administrasi rekrutmen CPNS tahun 2024:
1. Tidak Memenuhi Persyaratan
Seorang peserta dapat gagal dalam seleksi administrasi CPNS karena tidak memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh panitia penyelenggara. Hal ini mencakup ketidaksesuaian usia, memiliki riwayat pidana, atau pernah dipecat secara tidak hormat dari jabatan sebelumnya (baik dari instansi pemerintah maupun swasta).
2. Riwayat Kecurangan
Peserta yang memiliki rekam jejak kecurangan dalam seleksi sebelumnya akan ditolak dalam seleksi administrasi. Kecurangan merupakan faktor serius yang dipertimbangkan oleh panitia seleksi CPNS.
3. Pengunduran Diri Sebelumnya
Peserta yang sebelumnya mengundurkan diri dari seleksi CPNS kemungkinan besar tidak akan lolos seleksi administrasi. Tindakan ini dianggap sebagai kurangnya komitmen terhadap proses seleksi sebelumnya.
4. Penggunaan Data Tidak Terbaru
Untuk lolos seleksi administrasi CPNS, peserta harus menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) terbaru yang sesuai dengan data yang tercatat di Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil).
5. Penggunaan Ijazah Palsu
Penggunaan Surat Keterangan Lulus (SKL) sebagai pengganti ijazah asli tidak diizinkan sama sekali, kecuali dengan izin khusus dari instansi yang bersangkutan.
6. Ketidaksesuaian Pendidikan
Peserta hanya akan lolos seleksi administrasi CPNS jika pendidikannya sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan oleh instansi terkait. Selain itu, akreditasi kampus dan program studi juga harus diperhatikan, serta sertifikat akreditasi yang diunggah harus sesuai dengan tahun kelulusan.
7. Kesalahan Pengiriman Berkas
Surat lamaran dan pernyataan yang tidak sesuai format atau dikirim ke alamat yang salah akan menghambat penilaian panitia seleksi CPNS dan berpotensi menyebabkan kegagalan dalam tahap administrasi. Selain itu, mengunggah ijazah yang tidak sesuai dengan formasi instansi yang dipilih juga dapat menjadi hambatan. Ukuran dokumen juga harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Demikianlah 7 faktor yang menyebabkan peserta tidak lulus dalam tahap seleksi administrasi CPNS tahun 2024.
Saya Nisrina Khalel, S.Si, Praktisi Pendidikan & S1 Pendidikan Biologi dari Universitas Negeri Padang. Fotografer, Videografer, Konten Kreator, dan Sekretaris di Yayasan Wakaf Edukasi Islami Pariaman. Penuh dedikasi pada kemanusiaan, pendidikan, lingkungan, dan budaya, merefleksikan cerita melalui tulisan, foto, dan video. Penulis di gen-z.biz.id.